Minggu, 22 Mei 2011

KORUPSI DIMANA-MANA...!!!


Topik : KORUPSI
  Tesis : Menjelaskan begitu gemparnya KORUPSI di zaman sekarang.
           

 Zaman sekarang ini masalah korupsi sedang hangat-hangatnya dibicarakan publik, terutama dalam media massa baik lokal maupun nasional. Banyak para ahli mengemukakan pendapatnya tentang masalah korupsi ini. Pada dasarnya, ada yang pro ada juga yang kontra. Akan tetapi walau bagaimanapun korupsi ini merugikan negara dan sangat merusak perekonomian bangsa. Pada hakekatnya, korupsi adalah “benalu sosial” yang merusak struktur pemerintahan, dan menjadi penghambat utama terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan bangsa.


        Dalam prakteknya, korupsi hampir tidak mungkin dapat diberantas karena sangat sulit memberikan pembuktian-pembuktian yang pasti. Disamping itu sangat sulit mendeteksinya dengan dasar-dasar hukum yang pasti. Namun akses perbuatan korupsi merupakan bahaya yang harus diwaspadai baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat itu sendiri.


           Korupsi adalah sikap hidup satu kelompok masyarakat yang memakai uang sebagai standard kebenaran dan sebagai kekuasaaan mutlak. Sebagai akibatnya, kaum koruptor yang kaya raya dan para politisi korup yang berkelebihan uang bisa masuk ke dalam golongan elit yang berkuasa dan sangat dihormati. Mereka ini juga akan menduduki status sosial yang tinggi dimata masyarakat. Namun sebaliknya, jika para pelaku atau koruptor itu ketahuan oleh para pihak berwajib, maka akan dijerat hukum UU. No. 31/1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Nama      : Arga Dewangga Johanes Elkens
NIM       : (1070.0027)
Fakultas  : Hukum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar