Senin, 23 Mei 2011

Sistem Syariah Harus Berdayakan Masyarakat

TOPIK : Indeks Saham Syariah Jadi Acuan Baru


TUJUAN : Indikator utama kinerja seluruh saham syariah yang tercatat di BEI ,dan Sebagai acuan tambahan investor berinvestasi , khususnya disaham syariah.


TEMA : 
           Sistem Syariah diminati pengusaha di dunia , Karena dirasa lebih aman dari penipuan dan manipulasi. Momen ini menjadi tonggak sejarah perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.
           Fatwa Nomor 80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Fatwa itu disahkan DSN-MUI pada 8 Maret 2011. Kemarin sertifikat tentang peluncuran fatwa itu di tandatangani pihak DSN-MUI dan Bursa Efek Indonesia ( BEI ).
           Menurut Direktur Utama BEI Ito Warsito , Selain menjadi acuan , Indeks Saham Syariah Indonesia ( ISSI ) sekaligus membantu menghilangkan kesalahpahaman masyarakat yang menganggap saham syariah hanya terdiri dari 30 saham yang masuk dalam Jakarta Islamic Index. Penyelenggaraan perdagangan efek di BEI kini memiliki dasar dan atau hukum fikih yang kuat bahwa mekanisme lelang berkelanjutan yang digunakan BEI dalam transaksi efek bersifat ekuitas dipasar reguler telah sesuai dengan prinsip syariah.
           Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Mengatakan , Pihaknya akan mengkaji perlu tidaknya aturan baru terkait sistem penjualan saham syariah ini. Saat ini terdapat 214 saham syariah ini. Saat ini dengan kapitalisasi pasar senilai Rp. 1.804 Triliun atau sekitar 43,6 persen dari total nilai kapitalisasi pasar BEI senilai Rp.3.405 Triliun.
           Seperti di katakan  CEO Bank Syariah Mandiri , Sistem Syariah harus dapat menyejahterakan masyarakat , khususnya pengusaha Mikro , kecil dan menengah. Modal jumlah penduduk dan pertanian harus dimanfaatkan maksimal. " Tidak perlu kita meniru perbankan syariah Timur Tengah , Eropa ,atau Malaysia. Yang penting sistem ini harus membawa kesejahteraan bersama , khususnya masyarakat menengah ke bawah ".






NAMA : RAIMOND CHRISTIAN


NIM     : 10620046


FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN ( SEMESTER 2 )

UNIVERSITAS BOROBUDUR













Sumber : My Brain , Harian KOMPAS , Harian SINDO , And Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar